Kamis, 22 Desember 2011

Kebiasaan tidur siang

Apakah anda tahu tentang siesta atau kebiasaan tidur siang yang diklaim asalnya dari Spanyol?
Jika belum, mungkin definisi wari wikipedia ini akan menjelaskannya untuk anda:
Siesta (ejaan Spanyol: [╦łsjesta]) adalah tidur siang singkat setelah makan siang dalam budaya Spanyol. Kata siesta berasal dari Bahasa Spanyol, hora sexta - jam keenam (artinya, jika dihitung dari fajar sampai siang, maka diistilahkan "istirahat tengah hari"). Siesta identik dengan kebiasaan orang Spanyol dan tersebar luas ke negara-negara Amerika Latin, terkecuali Brazil yang mendapat pengaruh budaya Portugis. 
Manfaatnya?
Dijelaskan dalam sebuah tulisan di inilah.com:
Seperti dikutip dari The Washington Post, para peneliti mengatakan, tidur siang bisa mengurangi stres, karena itulah dampaknya lebih terlihat di kalangan pria yang bekerja. Ketua tim peneliti, Dr Dimitros Trichopoulos dari Harvard School of Public Health, mengatakan di negara-negara yang tingkat kematian akibat penyakit jantung rendah, tidur siang sebentar adalah sesuatu yang lumrah.
Berarti, tidur siang itu sangat bermanfaat. Pertanyaannya, apakah benar, anjuran tidur siang itu asalnya dari Spanyol?
Coba simak, hadits-hadits tentang qoilulah ini:
  • Dari Sahl Bin Sa'd dia berkata: "Tidaklah kami qoyluulah dan makan siang kecuali setelah shalat jum'at"
  • "Qoyluulah kalian sesungguhnya syaithon tidak qoyluulah"
  • Al-Hafizh Ibnu Hajar berkata: "Hadits di atas menunjukkan bahwa qoyluulah termasuk kebiasaan para sahabat Nabi setiap harinya"
Dari sini jelas, bahwa kaum muslimin, diperintahkan untuk tidur siang, karena ini adalah kebiasaan yang sangat bermanfaat. Memang, ada yang berpendapat bahwa qoilulah, tidaklah selalu identik dengan tidur, seperti Ibnu Atsir rahimahullah ta'ala.
Berkata Ibnu Atsir: "Qoyluulah adalah istirahat di pertengahan siang walaupun tidak tidur".
Ini menjelaskan bahwa kebiasaan qailulah dilakukan di masa Nabi dan para Sahabatnya masih hidup, dan ini terjadi 1400 tahun yang lalu.
Dengan manfaat yang sudah dijelaskan diatas, apakah anda membiasakan diri anda (keluarga anda) untuk tidur siang? Saya melakukannya (biasanya di akhir pekan, kalau hari biasa agak sedikit susah).
Jadi...mari tidur siang!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar