Kamis, 22 Desember 2011

Apakah anda tidur dalam keadaan terang?

“Matikanlah lampu-lampu diwaktu malam jika kalian hendak tidur, dan tutuplah pintu-pintu, bejana serta makanan dan minuman kalian. Janganlah kalian meningalkan api yang menyala ketika kalian tidur”.

Begitulah pesan Rasulullah saw. didalam Hadits..
Hadits yang satu ini sudah sangat dilupakan, karena diremehkan oleh masyarakat. Kebanyakan mereka menganggap ini tidak ada berguna.

Apakah anda lebih suka lampu menyala ketika anda tidur pada malam hari? beberapa orang memilih tidur dengan penerangan dan beberapa orang lebih suka tidur dalam keadaan gelap, tetapi tidur dengan cahaya di malam hari bisa membahayakan kesehatan anda.
Sebuah Penelitian menggunakan dua kelompok tikus untuk tidur pada saat terang dan gelap.

Satu kelompok tikus menerima dua belas jam siang hari dan dua belas jam kegelapan. Kelompok lain adalah dua belas jam terkena cahaya, tetapi satu jam dari kegelapan digantikan dengan satu jam cahaya. Hasilnya? Kelompok tikus yang satu jam kegelapan digantikan satu jam cahaya mengalami perubahan dalam pembelahan sel dan ekspresi gen yang dapat meningkatkan risiko kanker.

Bukan hanya tikus yang dapat menderita dampak kesehatan dari cahaya pada malam hari. Studi menunjukkan bahwa perempuan yang terkena cahaya pada malam hari, dengan bekerja shift malam atau tinggal di lingkungan dengan banyak lampu jalan, memiliki risiko yang lebih tinggi terkena kanker payudara. Hal ini menimbulkan kekhawatiran bahwa paparan cahaya di malam hari dapat memainkan peran penting dalam berbagai kanker pada manusia.

Mengapa Penting untuk tidur dalam keadaan gelap? Hal ini dikarenakan pada malam hari, tubuh memproduksi melatonin, melatonin adalah suatu hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar pineal kecil yang terletak di otak yang membantu untuk mengatur siklus tidur dan bangun. Produksi melatonin dimatikan ketika seseorang terkena cahaya di malam hari, bahkan dalam jumlah kecil. Melatonin berperan penting dalam menekan pembentukan kanker tumor dengan menghentikan replikasi dan kemampuan kanker dan tumor untuk tumbuh. Hal ini dilakukan dengan memblokir aksi dari asam lemak yang disebut asam linoleat, asam lemak dibutuhkan untuk pertumbuhan tumor.

Read more: http://factsandhealth.blogspot.com/2010/07/mengapa-kita-harus-tidur-dalam-keadaan.html#ixzz1hKp5UEkP

Melatonin dapat menekan produksi berbagai jenis tumor termasuk kanker payudara dan kolon dan lampu malam mengganggu produksi melatonin yang dibutuhkan agar pemantauan sel-sel tumor tetap terjaga. Sebaiknya kita harus tidur dalam keadaan gelap, kecuali jika anda takut gelap, anda mungkin bisa mengurangi tingkat cahaya pada saat anda tidur hingga anda bisa tidur dengan kegelapan total. Jumlah kecil cahaya dari ponsel, komputer,  atau benda lainnya dapat menghentikan produksi melatonin.

"Janganlah kalian meninggalkan api yang menyala ketika kalian tidur”.

Terbukti bukan?! sudah terdapat berapa banyak korban jiwa karena kebakaran (saat tidur)??
Apakah anda jarang mendengar berita seperti ini?

"..Kebakaran terjadi saat korban dan keluarga sedang tidur terlelap.."
"..korban tewas terjebak api saat sedang tidur.."
"183 Rumah Hangus, Satu sekolah ludes. Kebakaran yang terjadi disaat warga tengah tidur itu..."
"Kebakaran RS India terjadi saat pasien tidur.. Renggut 73 Nyawa"
"..Saat itu pemilik rumah sedang terlelap tidur.."
"..Diduga korban tewas karena tidak menyadari rumahnya terbakar saat tidur terlelap.."
"Terlelap tidur, rumah terbakar."

Masih banyak lagi.. yang semuanya bukan karangan saya.
Maka dari itu, hiduplah dengan baik. Jika ingin selamat dunia akhirat, ikutilah ajaran Rasulullah saw. (Insya Allah saya memiliki 1001 alasan logis mengapa didalam Islam dianjurkan begini dan begitu.)
Islam bukan rentetan peraturan yang membebani manusia, tetapi Bagaimana cara menjalani hidup selayaknya manusia, pembeda antara manusia dan hewan, agama untuk mereka yang ber-akal, bahwasanya tiada Tuhan yang layak disembah melainkan Allah yang benar-benar telah menampakkan kebenaran-Nya..

"Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa," {QS. Al-Baqarah Surrah ke 2 ayat ke 2}

"(Al Quran) ini adalah penjelasan yang sempurna bagi manusia, dan supaya mereka diberi peringatan dengan-Nya, dan supaya mereka mengetahui bahwasanya Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa dan agar orang-orang yang berakal mengambil pelajaran."{QS. Ibrahim Surrah ke 14 ayat ke 52}

Oleh Julian Syahputra
Jumat, 23 Desember 2011, 1:22 PM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar